Jumat, 07 Desember 2012

Tugas Teknologi Wireless (Sistem Telekomunikasi)


1.      Sistem Komunikasi Selular Adalah
Sebuah sistem komunikasi bergerak selular menggunakan sejumlah besar pemancar berdaya rendah  untuk menciptakan sel (daerah geografis) layanan dasar dari sistem komunikasi nirkabel (tanpa kabel).  Variabel tingkat daya antena pemancar, memungkinkan sel-sel diubah ukurannya menyesuaikan kepadatan pelanggan dan permintaan dalam suatu wilayah tertentu. 
2.      PRINSIP KERJA JARINGAN KOMUNIKASI SELULER
Jaringan  seluler menggunakan sistem wireless. Pengirim dan penerima harus tercakup BTS(Base Transcaiver Station). BTS adalah peralatan yang memfasilitasi komunikasi secara wireless antara pengguna telepon seluler. Cara kerja telepon Wireless antara lain:
1.Suara dari pengirim diterima oleh alat yang disebut microphone.
2.Microphone mengubah gelombang suara menjadi sinyal listrik dan kemudian             dipancarkan oleh ponsel ke BTS terdekat.
3.Sinyal tersebut diterima oleh BTS dan sinyal tersebut diteruskan ke pusat telekomunikasi.
4.Dari pusat telekomunikasi sinyal diteruskan kepada BTS terdekat kemudian diteruskan ke si penerima.
5.Setelah sampai ke penerima, maka sinyal tersebut diubah lagi menjadi gelombang suara oleh alat yang disebut SPEAKER.
Sebagai pengguna ponsel yang bergerak dari sel ke sel, percakapan dilakukan dengan teknik hand off antara sel-sel untuk mempertahankan layanan komunikasi agar  berjalan lancar (tidak terputus).   Saluran frekuensi yang digunakan dalam satu sel dapat digunakan kembali di sel lain yang letaknya agak jauh. Sel dapat ditambahkan untuk mengakomodasi pertumbuhan pelanggan , menciptakan sel-sel baru di daerah yang belum terlayani atau overlay sel di daerah yang telah terlayani.
3.     Provider Sistem Komunikasi Seluler Yang Ada DiIndonesia Beserta Frekuensinya
Operator :
Operator
Produk
Jaringan
Jumlah Pelanggan (Q1-2009, kecuali ada catatan)[31]
10,6 juta (Q4-2009)[32]
3
6,4 juta
33,1 juta (Q4-2009)[33]
570.000
Fren, Mobi dan Hepi
3 juta
5 juta
780.000
>2 juta
13,49 juta
81,644 juta (Q4-2009)[35]
31,437 juta (Q4-2009)[36]

4     4.       Penjelasan Istilah-Istilah
Incoming Call
Adalah menerima panggilan baik dari jaringan Operator ataupun di jaringan Roaming Partner Operator dalam dan luar negeri
Outgoing Call
Adalah melakukan panggilan outgoing/keluar dengan menekan nomor yang dituju.
Roaming
Roaming adalah kemampuan untuk membuat dan menerima panggilan pada saat Anda berada di luar wilayah cakupan jaringan tempat Anda terdaftar. Bahkan Anda bisa saja menggunakan HP di luar negeri jika ada ‘roaming agreements’ antara provider jaringan Anda dengan provider jaringan di luar negeri.
Handover
Handover adalah suatu cara dimana memungkinkan user pindah pelayanan dari suatu sektor ke sektor lain baik dalam satu BTS maupun antar BTS tanpa adanya pemutusan hubungan dan terjadi pemindahan frekuensi/kanal secara otomatis yang dilakukan oleh sistem.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar